Mengenal Ragam Kopi di Indonesia

Indonesia memiliki variasi jenis kopi yang bermacam-macam. Tidak hanya untuk konsumsi masyarakat sendiri, kopi juga telah menjadi salah satu komoditi andalan ekspor.Bahkan untuk level internasional nama Indonesia sudah menjadi ciri produk tersendiri. Semoga postingan ini bisa memberi sedikit pengetahuan buat teman-teman, selamat membaca.

mengenal ragam kopi indonesia
mengenal ragam kopi Indonesia

Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-3 sebagai produsen kopi terbanyak setelah Brazil dan kolombia. Besar produksi kopi rata-rata sekitar 600 ribu ton setiap tahunnya. Beberapa negara tujuan ekspor kopi dari Indonesia bisa dilihat di Lima (5) Negara dengan Tujuan Ekspor Kopi Indonesia Terbesar Tahun 2016. Terdapat empat jenis kopi dari Indonesia yang terkenal yaitu Arabica, Robusta, Liberika, dan Exelsa. Daerah-daerah yang dikenal sebagi penghasil kopi terbaik di Indonesia diantara Kopi Gayo, Kopi Toraja, Kopi Flores, Kopi Jawa, dan Kopi Kintamani (Bali).

Yuk, mengenal juga daerah-daerah penghasil kopi terbaik!

1. Kopi Gayo

kopi gayo1
Tentang Kopi Gayo- Aceh

Tanah Gayo merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Aceh yang terkenal keeksotisannya. Selain itu tanah Gayo juga tenar dengan Kopinya yaitu kopi Gayo. Ciri khas kopi Gayo ialah tingkat kekentalan yang lebih ringan dengan tingkat keasaman yang seimbang. Cara penyajian kopi dari Aceh ini didasarkan dari kebiasaan masyarakat Aceh yaitu dengan cara diseduh dulu di dalam panci sampai mendidih. Kemudian disajikan dalam gelas yang telah diisi dengan susu dan gula.

2. Kopi Jawa

kopi jawa
Tentang Kopi Jawa

Varian utama dari kopi Jawa yaitu Arabika dan Robusta. Jenis kopi yang ditanam di Jawa Tengah umumnya adalah kopi Arabika, sedangkan yang ditanam di Jawa Timur (Kayu Mas, Blewan, dan Jampit) umumnya kopi Robusta termasuk di daerah Jember dan Banyuwangi dengan perkebunan besarnya. Ciri khas kopi Jawa di antaranya adalah memiliki tingkat aroma yang bagus, kekentalan yang medium, dan rasa yang seimbang. Tujuan ekspor utama kopi jenis ini adalah Amerika Serikat dan Eropa.

3. Kopi Kintamani

kopi kintamani_bali
Tentang Kopi Kintama

Kintamani adalah nama kecamatan di daerah tingkat II, kabupaten Bangli, Bali. Ternyata di Kintamani juga terdapat sentra perkebunan kopi yang terkenal dengan nama kopi Kintamani. Kopi Kintamani memiliki biji yang besar, memiliki tingkat kekentalan serta keasaman dengan tingkat sedang. Ada dua varian rasa dari kopi Kintamani yaitu rasa jeruk (lemony) dan floral. Kopi yang dibudidayakan di pegunungan Kintamani dengan sistem pengairan subak ini memiliki tingkat produksi 2.000–3.000 ton per tahun. Tujuan ekspor utama kopi Kintamani adalah Jepang, Eropa, beberapa daerah Arab, dan Australia.

4. Kopi Flores

 

kopi flores
Tentang Kopi Flores

Daerah di sebelah selatan Indonesia ini juga memiliki kopi khas yang dikenal sebagai Kopi Flores. Ciri khas kopi Flores adalah memiliki kekentalan yang tinggi dengan tingkat keasaman yang rendah. Kopi Flores berasal dari daerah Bajawa memiliki dua rasa yakni rasa cokelat dan vanilla dengan caramel alamiah, Bajawa adalah daerah dataran tinggi di pulau Flores, Nusa Tenggara Barat. Tujuan ekspor komoditas ini adalah ke Amerika Serikat.

5. Kopi Toraja 

 

kopi toraja
Tentang Kopi Toraja

Kopi Toraja memang sudah terkenal dimana-mana, bahkan sudah dipakai menjadi salah satu varian merk kopi instan. Ada perbedaan menyolok dari kopi Toraja ini yakni tidak meninggalkan rasa pahit dan memiliki sensasi rasa pahit akan hilang pada tegukan pertama. Rasa kopi Toraja terbagi menjadi dua; rasa khas Tanah dan hutan dengan kandungan asam rendah. Kopi ini ditanam di pegunungan Toraja Utara dan Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Tujuan ekspor kopi Toraja adalah Jepang dan Amerika Serikat.

Nah itu adalah berbagai kopi daerah dari Indonesia yang mendunia. Saya sendiri baru pernah menyeduh dari bubuk asli itu Kopi Toraja. Memang rasanya itu istimewa 😊😊😊.  Ah jadi ketagihan ingin nyeduh lagi, apalagi malam ini. Ada yang mau beliin?

Sumber: @kementan


Yogyakarta, 11 April 2018

Si 74maludin

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s