Buku : Keterampilan Berpikir

Judul : Keterampilan Berpikir

Penulis : Dr. H. Adun Rusyna Drs., M.Pd

Tahun Terbit ; 2014

Penerbit : Penerbit Ombak, Yogyakarta

Awalnya saya tertarik dengan judul dan sub judulnya “Pedoman dan acuan para peneliti keterampilan berpikir”. Saya berharap akan mendapatkan buku teoretis yang bisa menjadi landasan berpikir. Kenyataan nya buku ini memadukan keduanya. Ada teori – teori praktis dan disertai contoh – contoh menjadikan buku ini cukup ringan. Ada juga saran – saran yang harus dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan berpikir siswa oleh para guru.

Jujur saja, saya lebih banyak bingung saat membaca buku ini daripada asyiknya. Sistematika penulisannya kurang runtut, banyak pembahasan yang meloncat dari satu narasi ke narasi lain, misalnya pada pembahasan tokoh yang berjasa di bidang sains lalu tiba tiba meloncat ke konsep pembakaran. Tata bahasanya seperti tanpa jeda, seolah minum terus – menerus tanpa jeda, sehingga gelagapan dalam mencernanya. Aku agak kurang percaya buku ini ditulis oleh seorang doktor. Hehe. Yah, ini memang buku umum sih bukan jurnal, tapi akan lebih jika bahasanya lebih runtut.
Hal yang aku sukai dari buku ini adalah adanya instrumen untuk mengecek kecenderungan berpikir kreatif atau kritis. Hasilnya…. Aku jauh lebih cenderung kreatif dibanding kritis. Agak mengecewakan memang, padahal untuk akademisi seharusnya lebih kuat kritisnya. Terima lah hasilnya apa adanya…

Pekerjaan selanjutnya untukku adalah belajar berpikir kritis. Jadi teringat untuk membaca buku itu “Pengantar berpikir kritis” dari orang luar, dulu belum sempat habis tuh. 

Berpikir kritis – oh berpikir kritis. Oh, I am coming. Terima kasih Pak Adun.

Advertisements

Author: Lintang_fajar

introvert, pembelajar, petualang, life freedom,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s