Catatan Kelas: Praktik Kendali Motor Industri

Kuliah pertama ini dilaksanakan pada tanggal 7 September 2018.

Dosen: Pak Alex

Materi kendali motor listrik berkaitan erat dengan Programmable Logic Controller (PLC). PLC yang tersedia di jurusan elektro UNY ada tiga, yaitu: Zelio, Omron, dan Festo. Pada praktik kendali motor listrik ini akan menggunakan PLC jenis Zelio dengan pemograman ladder langsung di PLC-nya.

Aspek yang akan dinilai pada praktik kendali ini ada tiga: 1) PLC, 2) Trainer Kendali, 3) Panel. Ujian akan berlangsung selama tiga kali untuk trainer @ 15 menit, PLC @ 90 menit, dan panel @ 3 jam. Jika nantinya masih ada waktu akan ditambah materi instalasi listrik penerangan. Controh instalasi listrik penerangan yaitu memasang saklar tukar. Instalasi penerangan yang akan ditambahkan hanya sebatas instalasi rumah sederhana.

Memo jumat depan:

  • l Buat kelompok masing-masing dua orang untuk pertemuan berikutnya. Satu trainer untuk satu kelompok.
  • l Setiap praktikan wajib memakai sarung tangan.
  • l Satu kelompok minimal membawa satu multimeter.

 

Tugas hari ini: mengamati alat-alat yang dipakai untuk praktikum.

Jenis Time Delay Relay (TDR)

H3CR-A8-1-2S-300H-Time-relay-Timer-8Pin-Time-Delay-Relay
sumber: aliexpress.com
  • H3CR
  • H3BA
  • STPNH dari Omron

Contoh jenis spesifikasi Magnetic Contactor:

meba-magnetic-contactor-C3RT1024
sumber: meba.net
  • A1
  • A2

Macam KWH meter

  • 1 phase
  • 3 phase

Beberapa jenis lampu yang dipakai di praktikum

  • SON
  • HPL
  • HPIT
hpit400du-sy
sumber: ebay.co.uk

Contoh penerangan lampu SON pada penerangan jalan. Warna kuning berfungsi agar lebih kuat menembus kabut.

Perbedaan motor 3 phase dengan 1 phase ada pada terminal Z. Untuk arah putarnya berada pada keluaran kapasitor (selengkapnya ga mudeng) eh apa salah paham ya ? Hehehe🤣.

Fungsi Current Transformer (CT) untuk menurunkan arus yang besar dengan cara membaginya dalam rasion tertentu sehingga mampu terbaca oleh modul Ampere meter.

Motor listrik yang dipakai untuk praktikum adalah motor listrik 1/4 HP.

Tugas jumat depan: menjelaskan 1) fungsi 2) simbol 3) Arti spesifikasi peralatan dan komponen dalam kertas folio ditulis tangan.

Untuk simbol gunakan simbol dari standar resmi, misalnya dari PUIL 2011 ataupun dari ICC eh IEEE apa ya ? 😅.


Yogyakarta, 7 September 2018

74maludin

 

Advertisements

Jangan Lewatkan, Pesta Ulang Tahun Toko Buku Togamas Affandi

Apa yang teman-teman pikirkan ketika ada seseorang yang ulang tahun ? dapat traktiran ? heuheuhe. Kali ini ada loh salah satu toko buku di Yogyakarta yang sedang ulang tahun. Dialah toko buku Togamas Affandi yang beralamat di

Jl. Affandi No.5, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222

Hanya saja bukan traktiran yang dia kasih tapi beberapa promo istimewa. Apa saja promonya ? Yuk lihat.

DkNZ06uVsAEX9qz

1. Perti (Perguruan Tinggi) Expo 2018

Ini bukan promo ulang tahun sih, heuheuhe. Namun menjadi salah satu incaran promo Utama buat belanja. Buku-buku dengan tema perguruan tinggi dibanderol dengan harga diskon sebesar 25%, bagi rekan-rekan Mahasiswa yuk diserbu. Ada juga paket buku kedokteran [Hemat 800 rb, gratis Flash Disk 16GB]. Di beberapa stand rak ada tambahan diskon lagi😱👍.

DlwPOS3UwAALYkr

2. Flash Sale diskon 35%

Kalau tidak salah ada Flash Sale untuk 10 buku best seller hanya di hari minggu tanggal 9 September 2018. Mulai Jam 09.00 lalu jam 12.00. Kayaknya sih tadi aku dengarkan di informasinya. Hehe

DmeL19BU4AA1PnX

3. One Day Full Sale ATK 25% hanya di tanggal 9 September 2018

DmeLdi7VAAAHdJq

4. Lucky Balon Ulang Tahun ke-19

DmeLkJwUUAE7DJa.jpg

5. Giveaway 9 Buku

DmeMQe8UUAESDMt

6. Free Merchandise Kecocokan Tanggal Lahir

DmeLqJGUUAEKImx.jpg

7. Komik Wow @ Rp1.999,00 per komik

DmeLX9LVsAAmMsF.jpg

8. Diskon 19% belanja alat tulis sekolah selama 3 hari.

DmeLySMUYAA0r7d

9. Free Member Togamas Affandi dengan belanja Rp.99.999,00.

Aku dapat tuh promo ini. Hehe

DmeLTN8VsAAdEpG.jpg

10. Diskon 19%+9% 

Jika biasanya diskonnya 5%–15%, maka di pesta ulang tahun  ini menjadi 19%.

DmeMHUuVsAALvnX

11. Paket Ultah 19 Tahun

DmeMK8XU4AAzOJF.jpg

12. Foto Kontes.

Sumber: togamas affandi

Nah ada 12 promo… Silakan diserbu. Aku sudah datang hari, enggak mau datang lagi. Takut khilaf lebih😭😭🤣.

Mau membagikan hasil buruan tapi error koneksi laptop-handphone. Jadi gak bisa deh.


Yogyakarta, 8 September 2018

74maludin

 

Catatan Kelas: Bimbingan Kejuruan 1

Kelas bimbingan Kejuruan pertama diadakan pada tanggal 4 September 2018.

Oleh: Mutaqin, Drs., M.Pd,M.T.

Aku hanya mencatat sebagian kecil alias poin-poin yang menarik bagiku saja, jadi catatan kelas ini paling sedikit. Bapaknya banyak sekali bercerita dan berceramah sampai-sampai aku bingung mana yang perlu dan tidak perlu. Heuheu, biasa anak teknik kan tidak suka terlalu basa basi atau akunya yang tidak suka bertele-tele ya ? whatever aku kurang jago mendengarkan ceramah Panjang.

Perbedaan bimbingan dan konseling.

Bimbingan: bersifat preventif (pencegahan)

Konseling: bersifat kuratif (pengobatan) disertai diskusi.

Konseling pasti bimbingan dan bimbingan belum tentu konseling.

Perbedaan bimbingan konseling, bimbingan karir, dan bimbingan Kejuruan.

bimbingan konseling: mengarahkan siswa untuk lebih mandiri

  • self understanding
  • self acceptance
  • self direction
  • self realizing

bimbingan karir: membantu siswa memahami masa lalu dan masa depannya.

bimbingan Kejuruan: membantu siswa memilih pekerjaan.

Padanan bimbingan Kejuruan: Vocational Guidance. 

Bimbingan Kejuruan pertama kali dicetuskan pada tahun 1925.

Bimbingan Kejuruan merupakan bagian dari Pendidikan Teknologi Kejuruan.

LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) dalam keadaan terjepit karena sekarang semua sarjana dapat menjadi guru tanpa harus mengambil kuliah di jurusan kependidikan. Para sarjana dari jurusan murni (jurusan non-kependidikan) tetap mampu menjadi guru. Toh, keduanya baik lulusan kependidikan maupun bukan untuk menjadi guru harus melewati sertifikasi PPG (Pendidikan Profesi Guru). Ini menjadi dilemma LPTK dan sedikit tumpeng tindih aturan Pendidikan. Oleh karena itu, sewajarnya para Mahasiswa dari jurusan-jurusan kependidikan meningkatkan kekuatan keilmuwan agar mampu bersaing dengan non-kependidikan dalam penguasaan keilmuwan, di bidang teknis khususnya untuk anak SMK.

Bimbingan Kejuruan membantu siswa untuk memiliki kesadaran diri, membantu menempatkan kerja siswa, dan beradaptasi dengan lingkungan sehingga membentuk karakter andal.

Ada dua macam pekerjaan: halus, pekerjaan yang membutuhkan kepandaian dan keahlian pikiran; kasar, pekerjaan yang membutuhkan tenaga, biasanya di bidang penghasil produk; pekerjaan semi halus atau semi kasar, perpaduan keduanya.

Permasalahan kerja sekarang salah satunya adalah perlindungan kerja. Seorang pembimbing Kejuruan harus mampu memberikan rekomendasi pekerjaan yang mempunyai perlindungan pekerjaan. Selain itu, juga harus mampu untuk memberi saran kepada siswa mengenai kualifikasi yang harus dipunyai oleh dirinya jika ingin bekerja di bidang tertentu. Banyak kasus eksploitasi pekerja karena tidak adanya bimbingan dari penyedia mengenai perlindungan tenaga kerja serta minimnya informasi yang didapatkan pekerja. Misalnya kasus eksploitasi tenaga kerja: para TKW yang berangkat ke luar Negeri tanpa dibekali skill (kemampuan) yang mumpuni sehingga banyak yang pulang hanya tinggal nama.

Banyak juga pekerjaan yang sudah tidak bias gender bahkan menjadi satu topik menarik di industri. Contoh; tenaga kerja di industri garmen banyak diisi oleh tenaga kerja perempuan yang pada praktiknya membutuhkan banyak tenaga. Sementara chef alias di koki yang identic dengan perempuan justru lebih banyak yang terkenal dari kalangan laki-laki. Adakah yang tahu fenomena ini ? atau penelitian terkait hal ini ?

Tugas:  Mencari permasalahan ketenagakerjaan disertai saran


Yogyakarta, 6 September 2018

74maludin

 

Catatan Kelas: Praktik Kendali Cerdas 1

Kelas Praktik ini dilaksanakan pada tanggal 4 September 2018.

Diampu oleh: Muhammad Faris, S.T,M.Sc.

Tentang pool

kc 1
jika ada pool seperti itu, apakah sistem tersebut stabil ?
kc 2
Kendali cerdas sama seperti memindahkan pool dari kiri ke kanan, atau dari sistem yang tidak stabil menjadi stabil

Dynamic Systems

  • Linear state-space model;
    • x(t) = Ax(t) + Bu(t)
      y(t) = Cx(t) + Du(t)

  • waktu kontinu
  • Linear time-invariant (LTI)
  • representasi dalam transfer function/ state-space

 

Properties of dynamic systems

  • kestabilan sistem
  • controllability and observability
  • performa sistem dalam waktu
    1. rising time
    2. overshoot
    3. settling time
    4. steady-state error
  • performa sistem dalam ranah frekuensi
    • bandwith
    • cut-off frequency

 

Formulasi optimisasi

  • masalah mencari titik optimal dari suatu fungsi
  • disertai kekang/ constraint yang ada
  • dua elemen dasar optimisasi:
    • objective function
    • constraint

Formula optimisasi dapat dianalogikan dengan memilih jalan. Misalnya seseorang dari kebun binatang Gembira Loka ingin pergi ke UGM memakai sepeda motor. Ada berbagai macam variasi jalan yang bias ditempuh: bias lewat ringroad timur, jalan kusumanegara, memutar lewat malioboro, dsb. Pilihan pengendara dalam memilih jalur yang paling efektif itulah yang dinamakan optimisasi. Untuk mencapai optimisasi dibutuhkan data dengan berbagai variable kondisi.

kapan optimisasi maksimum tercapai ?
y=x2

saat y=x^2

dy/dx = 2x

x= 0

Optimization for more complex systems

  • banyak sistem yang non-linear dan tidak konveks dalam berbagai aplikasi
  • metode permasalahan kompleks terinspirasi dari fenomena alam

Kelebihan dan kekurangan sistem kompleks

  • +) sederhana dan mudah di desain
  • +) implementasi mudah
  • -) model dinamis dari plant tidak selalu tersedia
  • -) susah untuk di-tuning
  • -) performa susah untuk di optimalkan
  • -) insufien untuk sistem non-linear 

More advanced control

  • Robust Control
  • Optimal Control
  • Adaptive Control
  • Intelligent Control (berdasar kecerdasan makhluk hidup dan manusia)
    • Sistem Fuzzy
    • Jaringan Saraf Tiruan
    • Algoritma Genetik

Sekilas Fuzzy

Logika samar yang terinspirasi dari pengetahuan dan filosofi berpikir manusia

logika digital 01 logika digital 02

Sekilas jaringan saraf tiruan (artificial neural network)

  • berbasis jaringan saraf biologis
  • berkerja dengan konsep “belajar”, “adaptasi”, dan optimisasi

Sekilas Algoritma Genetika (Genetic Algorithm)

metode optimisasi yang terinspirasi dari evolusi alam

ga 1

Aplikasi

  • Automasi sistem mekatronika
  • Kecerdasan buatan
  • Robotika
  • Sistem pembantu pengambil keputusan
  • Optimisasi untuk penjadwalan pembangkit listrik, sistem transportasi

 

Kuliah Penunjang

  • Matematika Teknik/ Kalkulus
  • Probabilitas dan Statistika
  • Isyarat dan sistem
  • Teknik kendali
  • Teknik adaptif/rekursif
  • Teknik Optimasi

Dari sekian mata kuliah penunjang tak satupun yang aku kuasai, bahkan hanya matematika dan kendali yang pernah disinggung tidak mendalam. heuheuhe🤣🤣🤣. entahlah mampu mengikuti apa tidak, Semangat…

Assessment 

  • TA: 70%
    • 1 tim 2 orang
    • sistem rubrik
  • Kuis Akhir 30 %

Oh iya, kata beliau materi kendali cerdas ini di Jerman dikuliahkan pada jenjang S2 tidak S1 karena membutuhkan intelligent yang cukup memadai, senyum aja dah 😅.


Yogyakarta, 6 September 2018

74maludin

 

Catatan Kelas: Praktik Robotika 1

Catatan pertemuan pertama kuliah Praktik robotika tanggal 6 September 2018.

Dosen: Sigit Yatmono, S.T,M.T

Pertemuan pertama baru sebatas perkenalan dan pendahuluan mengenai robotika. Untuk seseorang yang secara sebelumnya belum pernah berkecimpung di dunia robotika itu sangat membantu. Apalagi aku belum pernah memegang pemograman robotic begitu, baik pemograman berbasis grafis visual maupun sintaks.

Robot yang digunakan sebagai bahan praktikum:

  • Robot lego 9695-1Sebenarnya peralatan robot lego cocoknya untuk anak-anak SD-SMP-SMA/SMK. Kurang cocok sebagai peralatan praktikum di perkuliahan. Namun sebagai perkenalan, pengetahuan, dan latihan robot seperti ini masih cukup layak.
  • Robot parallax 

    Activity_Bot_Robot_Kit_Assembled_Alternate_View
    sumber: ic0nstrux.com
  • Robot robotics, dll aku lupa apa saja. Maklum bukan penggemar robot, heuheuhe🤣🤣

Kuliah praktik robotika ini mengalami beberapa evolusi Pembelajaran. Dari yang awalnya PBL (Project Based Learning) penuh, yaitu hanya focus membuat proyek. Proyek-proyek tersebut salah satunya adalah membuat robot line follower. Sayangnya karena seluruhnya pekerjaan di satu tempat, melainkan menyewa berbagai tempat dan lab maka Pembelajaran seperti itu dirasa tidak maksimal. Misalnya membuat PCB di rumah/kos, memotong acrylic di lab elektromekanik, membuat program di ukm robotika, dsb.  Sekarang Pembelajaran perkuliahan menjadi semi PBL dengan beberapa jobsheet yang harus dikerjakan Mahasiswa. Nantinya Mahasiswa akan diminta untuk mencoba berbagai sensor yang ada; sensor ultrasonic, sensor NST, dll.

Tugas akhir: membuat robot/ mengembangkan robot

Level pembuatan robot:

merakit -> memprogram -> mendesain -> mendemonstrasikan


Yogyakarta, 6 September 2018

74maludin